Pure Saturday Discography

Posted: August 15, 2011 in Discography

Pure Saturday adalah grup musik indie pop yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Grup ini dibentuk pada tahun 1994 oleh Muhammad Suar Nasution (vokal, gitar), Aditya Ardinugraha (gitar), Yudistira Ardinugraha (drum), Ade Purnama (bass), Arief Hamdani (gitar). Grup musik ini merupakan pelopor lahirnya banyak grup musik indie pop di Indonesia.

1. 1996 – Pure Saturday (Baccott Management, didistribusikan oleh Ceepee Production)
Musik yang bagus. Melodi yang kuat. Lirik yang kuat. Tidak ada yang lebih rumit daripada membaca alfabet di album ini. Semuanya langsung pada maksudnya. Tidak ada verse yang tidak dibutuhkan, Tidak ada solo yang tidak berguna. Semuanya saling mendukung. Vokal Suar yang Robert Smith -esque pun menempel dengan sempurna di album ini.
Open Wide; A Song; Cokelat; Simple; Desire; Enough; Kosong; Silence.

2. 1999 – Utopia (Aquarius Musikindo)
Keberanian Pure Saturday untuk bereksperimentasi patut diberi penghormatan, sayangnya dalam melakukan hal ini mereka meninggalkan semua yang membuat debut mereka begitu baik; melodi, dan sound seperlunya. We can only hope that this only serves at a bridge toward the perfect third album.
Banga; Di Bangku Taman; Langit Terbuka Luas Mengapa Tidak Pikiranku Pikiranmu; Later the Saddest World Down; Belati; Phatetic Waltz; Labirin; Sirkus; Gala; Kaca.

 

3. 2005 – Elora (Labyrinth Records/FastForward Records)
Rentang waktu yang cukup panjang hingga akhirnya rilis juga album ketiga Pure Saturday.
Elora tidak hanya hadir sebagai jawaban dari kebutuhan penikmat dan pemerhatinya, tidak juga pula sekedar hadir menjawab teka-teki akan apakah mereka masih benar-benar eksis. Elora hadir dengan materi yang amat matang. Vokal Iyo yang menggantikan posisi Suar, tidak lantas malah menyurutkan Pure Saturday. Sebagai penikmat nampaknya harus menerima segala konsekuensi.
Buka; Nyala; Sejak Melawan Waktu; Awan; Elora; Meraka; Adalah Jejak dan Arah; Di Sana; Tutur Gelap/Saatnya Nanti; Pulang.

4. 2007 – Time for a Change..Time to Move On (Lil’fish Records)
Time for a Change, Time to Move On adalah satu lagi langkah tak lazim dari Pure Saturday. Ini adalah album lama sekaligus baru oleh grup asal Bandung tersebut; lama, dalam arti 10 dari 12 lagu yang ada di sini diambil dari ketiga album studio mereka; baru, karena ke-10 lagu itu telah direkam dan di-mixing ulang bersama kedua mantan vokalis mereka, Suar Nasution dan Satria Nurbambang.
Time for a Change, Time to Move On mungkin lebih cocok bagi pendengar baru, yang penasaran dengan band yang sempat menjadi pionir musik independen ini. Sementara itu, penggemar lama akan lebih sibuk membanding-bandingkan rekaman asli dengan versi baru, serta mempertanyakan absennya lagu-lagu klasik PS seperti “Desire” atau “Coklat.” Tapi rasanya semua akan sepakat bahwa ini adalah 12 lagu yang dapat membuat bangga pada musik Indonesia.

Sumber: pure-saturday.com

Comments
  1. MAS JONI says:

    Isi Komentar Anda Sebelum Gue Paksa !!!😀 | KONTOL!!

Isi Komentar Anda Sebelum Gue Paksa !!! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s