Adele Laurie Blue Adkins “Adele”

Posted: April 14, 2012 in Artikel Muzic, Discography, Profile

Adele Laurie Blue Adkins atau dikenal sebagai Adele, lahir di Tottenham, London 5 Mei 1988 adalah seorang penyanyi jazz dan soul serta penulis lagu yang memiliki suara kontralto. Dia mulai menyanyi pada usia 4 tahun dan menegaskan bahwa dia sangat terobsesi dengan suara. Spice Girls adalah pengaruh utama dalam hal cinta dan gairahnya dalam bermusik. Adele menyatakan bahwa “mereka yang membuat saya seperti sekarang ini.”

Pada usia 11 Adele pindah ke West Norwood, London Selatan, dan menulis lagu pertama “Hometown Glory” yang ditulis ketika usia 16. Adele lulus dari Brit School di Croydon pada Mei 2006 yang saat itu sekelas dengan Leona Lewis dan Jessie J. Di sekolah dia lebih tertarik dengan A&R, Adele sempat menerbitkan dua lagu pada edisi keempat seni online PlatformsMagazine.com. Dia telah merekam tiga demo lagu untuk proyek kelasnya dan memberikannya kepada seorang teman yang memosting ke halaman Myspace. Lagu ini menjadi sangat sukses dan Adele mendapat panggilan dari label musik XL Recordings. Dia meragukan jika tawaran tersebut sungguh-sungguh karena perusahaan rekaman yang dia ketahui hanyalah Virgin Records, lalu dia membawa temannya saat pertemuan rapat, kemudian Adele menandatangani kontrak dengan XL Recordings pada bulan September 2006. Lagu terobosan Adele, “Hometown Glory” yang dirilis pada Oktober 2007.

Discoraphy:
1 Daydreamer
2 Best For Last
3 Chasing Pavements
4 Cold Shoulder
5 Crazy For You
6 Melt My Heart To Stone
7 First Love
8 Right As Rain
9 Make You Feel My Love
10 My Same
11 Tired
12 Hometown Glory

19 memasuki nomor satu tangga lagu Inggris. Dia merilis singel kedua “Chasing Pavements” pada 14 Januari 2008, dua minggu menjelang album debutnya, 19. Lagu ini mencapai nomor dua di tangga lagu Inggris dan menetap disana selama empat minggu. Pada bulan Maret 2008, Adele menandatangani kesepakatan dengan Columbia Records dan XL Recordings untuk menggebrak Amerika Serikat. Dia memulai tur singkat di Amerika Utara pada bulan yang sama. Tur dunia An Evening with Adele dimulai pada Mei 2008 dan berakhir pada Juni 2009. Dia kemudian membatalkan tur AS tahun 2008 karena kencannya dengan mantan pacar. Dia mengatakan di majalah Nylon pada Juni 2009, “Saya minum terlalu banyak dan itu merupakan dasar hubungan saya dengan pria ini, saya tidak tahan tanpanya.. Jadi saya seperti, baiklah, oke, Saya akan membatalkan tur saya kemudian… Saya tidak percaya saya melakukan itu … Tampak seperti tak tahu terima kasih”. Pada November 2008 Adele pindah ke Notting Hill setelah meninggalkan rumah ibunya, sebuah langkah yang mendorongnya untuk berhenti minum.

Album ini mencapai nomor 11 di Billboard 200, melompat 35 tempat dari minggu sebelumnya. Album ini bersertifikasi Emas pada Februari 2009 oleh RIAA. Pada bulan Juli 2009, album ini telah terjual 2,2 juta kopi di seluruh dunia. Pada Grammy Awards ke-51 tahun 2009, Adele memenangkan penghargaan dalam kategori Pendatang Baru Terbaik dan Penampilan Vokal Pop Wanita Terbaik. Dia juga dinominasikan dalam kategori Rekaman Terbaik Tahun Ini dan Lagu Terbaik Tahun Ini. Adele juga dinominasikan untuk tiga Brit Awards dalam kategori Best British Female, Best British Breakthrough Act dan Best British Single.

Pada tahun 2010, Adele menerima nominasi Grammy untuk Penampilan Vokal Pop Wanita Terbaik atas “Hometown Glory“. Pada bulan April lagu “My Same” memasuki German Singles Chart setelah dinyanyikan oleh Lena Meyer-Landrut di ajang bakat kontes Unser Star für Oslo (Bintang Kami untuk Oslo) saat kontestan Jerman di Kontes Lagu Eurovision 2010 telah ditentukan. Pada akhir September, setelah tampil di The X Factor, “Make You Feel My Love” Bob Dylan versi Adele kembali memasuki nomor 4 UK Singles Chart.

1. Rolling In The Deep
2. Rumour Has It
3. Turning Tables
4. Don’t You Remember
5. Set Fire To The Rain
6. He Won’t Go
7. Take It All
8. I’ll Be Waiting
9. One and Only
10. Love Song
11. Someone Like You

Adele merilis album studio keduanya, 21, pada tanggal 24 Januari 2011 di Inggris dan 22 Februari di Amerika Serikat. Suara album digambarkan sebagai musik klasik, kontemporer dan country. Pemilihan judul mencerminkan pertumbuhan yang telah dialaminya dalam dua tahun terakhir. 21 menjadi hit nomor 1 di 18 negara, termasuk Amerika Serikat. Pada Juni 2011, Adele telah menjual 2,5 juta eksemplar dan 992.000 kopi digital di Amerika Serikat, menjadikannya sebagai album dengan penjualan terbaik di dua kategori rersebut pada paruh pertama tahun 2011. Singel pertama, “Rolling in the Deep” mencapai nomor 1 di 8 negara termasuk Billboard Hot 100. Lagu ini telah terjual 4,5 juta kopi digital di Amerika Serikat saja.

Di Inggris, album juga menduduki posisi teratasdengan menjual 208.000 kopi dalam minggu pertama menjadikannya penjualan terlaris dalam lima tahun. Pada pertengahan Februari 2011. setelah penampilan di Brit Awards, lagu “Someone Like You” langsung memuncak di nomor 1 UK Singles Chart, sementara album 21 juga menetap di nomor 1. Menurut Official Charts Company, Adele adalah artis hidup pertama yang mencapai prestasi atas lima hits baik di Official Singles Chart dan Official Albums Chart secara bersamaan sejak The Beatles pada tahun 1964. Album ini menghabiskan sebelas minggu berturut-turut di nomor satu, sebelum terlempar dari tempat teratas oleh Wasting Light milik Foo Fighters. Minggu berikutnya, meskipun Adele kembali menempati dan memegang nomor satu selama lima minggu berturut-turut. Pada bulan Juli, singel “Someone Like You” menjadi lagu pertama yang menjual lebih dari satu juta kopi di Inggris dalam dekade ini.

Untuk mempromosikan album ini, Adele memulai tur Adele Live. Pada Agustus 2011, dalam edisi majalah Q, Adele mengungkapkan bahwa dia telah menulis tujuh lagu untuk album berikutnya dan berjanji akan lebih intim dari dua album sebelumnya. “Saya ingin (album) ini terdengar cukup akustik dan didominasi piano. Ini akan menjadi sebuah produksi besar,” katanya seperti dilansir Guardian.co.uk. Adele lalu menambahkan, ia akan meninggalkan warna R&B dan mulai menyelidiki musik country yang ia temukan saat melakukan lawatan Amerika Serikat. Adele mengenang ketika seorang sopir bus memperkenalkan musik country pertama kali kepadanya sewaktu ia melakukan lawatan ke Amerika Serikat untuk album pertamanya, 19 (2008). “Dia memperkenalkan saya semua musik country, blues, gospel dan bluegrass dan saya secara konstan bertanya, ‘Siapa ini? Dari mana ini?’” kisahnya.

Comments
  1. Lira says:

    Karya Adele ini keren.

Isi Komentar Anda Sebelum Gue Paksa !!! :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s